Info seputar Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

 Salam sehat,


Bapak/ibu yang saya hormati, seperti yang sudah kita ketahui bahwa Ujian Nasional sudah ditiadakan dan akan digantikan dengan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).

Asesmen Nasional merupakan upaya untuk memotret secara komprehensif mutu proses dan hasil belajar satuan pendidikan dasar dan menengah di seluruh Indonesia. Informasi yang diperoleh dari asesmen nasional diharapkan digunakan untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran di satuan pendidikan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan mutu hasil belajar murid. Salah satu komponen hasil belajar murid yang diukur pada asesmen nasional adalah literasi membaca serta literasi matematika (numerasi).

Asesmen ini disebut sebagai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) karena mengukur kompetensi mendasar atau minimum yang diperlukan individu untuk dapat hidup secara produktif di masyarakat. Berbeda dengan asesmen berbasis mata pelajaran yang memotret hasil belajar murid pada mata pelajaran tertentu, AKM memotret kompetensi mendasar yang diperlukan untuk sukses pada berbagai mata pelajaran. 

Bapak/ibu, agar kita semakin memahami apa itu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) maka berikut ini saya bagikan materi-mateti yang dapat diunduh dan dipelajari.

1. AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran

2. Tanya Jawab Asesmen Nasional

3. Paparan Asesmen Nasional (PPTX)


Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Pelajar Pancasila